Perbedaan gambar Bitmap dan Vector

gambar bitmap dan vector ilustrasiGambar Vector
Gambar Vector adalah gambar yang menggunakan hitungan matematika untuk mendeskripsikan serangkaian titik sehingga membentuk jalur (path) gambar vector terdiri dari shape (bangun) dan garis.
Gambar Vector biasanya digunakan untuk membuat illustrasi, font, dan logo karena sifatnya yang fleksibel. Vector Graphics akan tampil mulus diresolusi berapapun karena dibentuk berdasarkan hitungan matematika konstan.

Ibarat gambar vector bisa kita tarik dari planet bumi sampai ke bulan bentuknya tidak akan berubah atau menjadi buram, selama masih memiliki format vector, kekurangan dari gambar vector adalah gambarnya yang tidak realistis.

Contoh format gambar vector: Cdr, Ai, Eps, Svg

Contoh aplikasi pengolah gambar vector : Adobe Ilustrator, Corel Draw, Inkscape

Gambar Bitmap
Gambar Bitmap dibentuk dari sekumpulan pixel yang memiliki properti warna, setiap pixel bisa memiliki warna yang berbeda, jika pixel dalam jumlah cukup banyak maka bisa membentuk foto dengan kualitas resolusi tinggi dengan gradasi dan shading.
Bitmap bisa dizoom tapi jika dizoom terlalu banyak maka gambar akan pecah atau blur, bitmap bianya lebih cepat dan mudah untuk diolah, sangat cocok untuk ditampilkan di website.

Contoh format gambar bitmap: Bmp, Jpg, Png, Gif

Contoh aplikasi pengolah gambar bitmap: Adobe Illustator, Adobe Photoshop, Gimp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *