Pengertian Torrent dan cara kerja Torrent

apa itu torrent
Bagi anda pengguna internet dari jaman lawas pasti kenal Torrent entah untuk mendownload film, musik atau video games (kami tidak merekomendasikan pembajakan) atau anda pernah melihat orang lain yang melakukan download file dengan menggunakan Torrent.

Anda mungkin penasaran tentang apa itu Torrent dan bagaimana cara kerjanya?

Torrent adalah media sharing file secara P2P atau Peer To Peer, dengan metode P2P maka file sharing bisa dilakukan tanpa perantara Server dengan kata lain kita tidak perlu melakukan proses upload ke Server terlebih dahulu. Pertukaran data terjadi saat semua komputer terhubung dengan jaringan Torrent dan saling melakukan pertukaran data.

File torrent memiliki ekstensi .torrent atau bisa juga menggunakan magnet link sebagai media download.

Bagaimana Torrent Bekerja?

Torrent tidak bergantung kepada server selayaknya situs download atau hosting, tapi seluruh atau sebagian file tersebut tersimpan dimasing-masing komputer yang terhubung ke jaringan Torrent tersebut, dan masing-masing komputer akan memfasilitasi proses file sharing, untuk mendownload menggunakan sistem torrent maka kita membutuhkan aplikasi Torrent Client.

Komputer yang melakukan upload disebut seeder sementara komputer yang melakukan proses download disebut leecher. Karena torrent memecah file-file tersebut menjadi bagian-bagian kecil maka biasanya setelah torrent client mendownload (leech) maka akan dilakukan proses upload (seed), hal ini dilakukan supaya semua user bisa melakukan pertukaran data secara cepat, semakin banyak seeder maka proses download akan semakin cepat.

Apakah mendownload Torrent Ilegal dan Berbahaya?

Hal ini menjadi pertanyaan banyak orang, karena banyak sekali konten bajakan yang tersedia di Torrent sehingga banyak orang berpendapat mendownload torrent itu ilegal dan berbahaya.

Terlepas dari hal ini, Jawaban singkat untuk pertanyaan “apakah torrent ilegal?” adalah tidak karena sama seperti saat kita mendownload melalui hosting atau situs download. Torrent adalah protokol yang netral, yang membuat download torrent ilegal adalah saat kita mendownload file yang memiliki hak cipta atau konten yang kita tidak diijinkan untuk mengaksesnya.

Kebanyakan torrent aman untuk kita download (Dengan syarat kita tahu darimana torrent itu berasal san kita juga tahu siapa saja yang terhubung dengan jaringan torrent tersebut). Meskipun begitu terkadang ada beberapa orang usil yang mencoba untuk mengubah metadata dari torrent yang berakibat file yang dishare corrupt dan tidak bisa digunakan.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *