Menggunakan perintah tracert pada sistem operasi Windows

Pernahkah anda mengalami masalah jaringan setelah anda atau orang lain mengubah konfigurasi router di jaringan.

Mungkin jika mengubah konfigurasi satu router kita bisa cepat menanganinya, tetapi bagaimana jika router yang diubah konfigurasinya banyak?

Router mana yang perlu dicek ulang konfigurasinya? dalam hal ini tools tracert mungkin bisa membantu.

Tracert singkatan dari trace route adalah salah satu tools jaringan yang berfungsi melacak jalur paket dari host asal ke host tujuan.

Tracert sangat berguna saat kita mengalami trouble jaringan, kita bisa tahu jaringan atau router mana yang bermasalah atau salah konfigurasi.

Di sistem operasi windows kita bisa melacak paket hingga 30 hops (lompatan) paket dan melalui router mana saja paket tersebut lewat.

Menggunakan perintah tracert sendiri sangat mudah, kita cukup menggunakan cmd atau command prompt, dengan cara berikut :

1. Tekan tombol Windows dan tombol R di keboard bersamaan, akan tampil menu Run, ketik cmd kemudian klik ok atau tekan tombol enter di keyboard.

2. Setelah tampil jendela Command Prompt atau CMD, sekarang ketik tracert host tujuan, contoh google.com atau ip local seperti 192.168.X.X, pada contoh kali ini saya akan mencoba melihat jalur paket dari komputer saya ke domain google.com. Maka saya tinggal ketik perintah tracert google.com hasil trace tampil di layar command prompt.


 

Akan tampil seluruh jalur paket pada layar command prompt serta pada jaringan mana paket tersebut gagal dikirim (jika ada masalah)

Selesai, semoga membantu teman-teman semua dan jangan lupa untuk belajar hal baru hari ini.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *