Mengembalikan file terhapus dengan Windows Recovery Tool

Microsoft beberapa waktu yang lalu telah merilis aplikasi recovery data gratis buatan sendiri yang disebut Windows File Recovery Tool.

Wondows File Recovery Tool mampu mengembalikan data dari berbagai jenis media penyimpanan mulai dari Harddisk, SSD, bahkan dari penyimpanan portabel usb seperti Flashdisk, SD card dan kamera.

Dibuat khusus untuk Windows 10 untuk mengembalikan data yang secara tidak sengaja terhapus, aplikasi Recovery ini berbentuk command line.

Karena aplikasi ini berbentuk command line, maka sedikit dibutuhkan skill dari pengguna yang berpengalaman untuk menjalankannya.

Jika anda kehilangan file atau secara tidak sengaja menghapusnya maka lakukan file recovery sesegera mungkin, sebelum file tersebut tertimpa oleh file lain.

Windows file recovery tool  mampu merecovery berbagai jenis file, diantaranya :

  • File gambar : Jpg, Png, Bmp, dll.
  • Video dan audio : mp4, mp3, dll.
  • Dokumen : Pdf, Excel, Word, Access, Power Point, dll.

Aplikasi ini juga mampu mengembalikan data dari berbagai jenis partisi seperti NTFS, FAT, exFAT, reFS bahkan dari partisi yang sudah diformat sekalipun, tentunya dengan syarat dan kondisi tertentu.

Untuk menginstall Windows File Recovery Tool anda perlu untuk mengunduhnya dari Microsoft Store, selanjutnya klik Get. Tunggu sampai proses instalasi selesai. Setelah proses instalasi selesai kita bisa menjalankan aplikasi Windows Recovery dengan perintah winfr.

Yang perlu anda ingat anda membutuhkan akses administrator untuk menjalankan aplikasi Windows File Recovery Tool.

 

Mengembalikan file yang terhapus dengan format tertentu.

Disini saya akan mengembalikan semua file berformat .jpg yang telah terhapus dari drive E: dan menyimpannya kembali di Drive D:

Perintah yang saya gunakan adalah:

winfr E: D: /r /n *.jpg

Anda bisa merubah drive asal dan tujuan menjadi drive manapun yang anda inginkan.

tekan y pada keyboard untuk melanjutkan proses recovery.


Tunggulah sampai proses scanning selesai, selanjutnya akan dibuat folder baru untuk menyimpan file recovery oleh sistem Windows.

Disini semua file berekstensi jpg yang terhapus berhasil di lakukan proses recovery.

Jika anda ingin mengembalikan file dengan banyak format sekaligus maka anda bisa mengetikkan perintah kombinasi, disini saya mengembalikan file dengan format jpg, docx, dan pdf :

winfr E: D: /r /n *.jpg /n *.docx /n *.pdf

Mengembalikan file yang terhapus dengan nama tertentu

Kadang kita hanya ingin mengembalikan file dengan nama yang spesifik, karena kita hanya membutuhkan file tersebut untuk direcovery. Kita juga bisa melakukan ini dengan Windows File Recovery Tool.

Misalnya saya ingin mengembalikan semua file yang terhapus dari drive E: yang memiliki nama invoice didalamnya. Maka perintah yang saya ketikkan adalah:

winfr E: D: /r /n *invoice*

Maka seluruh file yang memiliki nama invoice didalamnya akan dikembalikan.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *