Mengatasi dan menghapus Spyware dengan AdwCleaner

Adware dan Spyware adalah dua jenis malware yang sangat menjengkelkan. Ad-ware adalah malware yang dirancang untuk menampilkan iklan, mengarahkan pengguna untuk membuka situs tertentu, mengganti halaman utama dan search engine browser.

Spyware bekerja sedikit berbeda dari Ad-ware karena biasanya malware ini menyembunyikan dirinya agar terhindar dari deteksi, tugas utamanya adalah mengumpulkan data pengguna sebanyak mungkin mulai dari history browsing, username dan password, ketukan keyboard, data penting lainnya seperti kartu kredit.

Berikut adalah ciri-ciri jika adware dan spyware menginfeksi komputer:

  • Setelan browser selalu berubah-ubah
  • Halaman utama browser anda mengarahkan anda ke website tertentu
  • Browser anda terbuka dengan sendirinya
  • Komputer anda seringkali menampilkan iklan tanpa anda tahu sebabnya
  • Komputer anda menjadi lambat dan sering freeze atau hang

Untuk menyingkirkan adware dan spyware kita bisa menggunakan salah satu tools buatan dari Malwarebytes, tools ini bersifat gratis. AdwCleaner bisa didownload diwebsite resminya, setelah anda mendownload dan menginstallnya buka aplikasi AdwCleaner untuk melanjutkan proses pembersihan.

  1. Setelah selesai instalasi, buka aplikasi AdwCleaner. Klik Scan Now untuk melakukan proses scanning adware dan spyware.
  2. AdwCleaner akan melakukan proses scanning file yang ada dikomputer
  3. Setelah proses scanning jika ditemukan malware maka kita bisa melakukan proses karantina, dengan klik quarantine. Kemudian klik Continue (Jika anda tidak menemukan malware, kemungkinan pc anda bersih).

  4. Proses scanning malware telah selesai

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *