Memblokir program akses internet dengan Windows Firewall

Biasanya kita akan membiarkan aplikasi untuk memiliki akses terhubung dengan internet, tetapi karena alasan tertentu kadang kita butuh untuk memblokir aplikasi tertentu agar tidak dapat terkoneksi ke jaringan internet semisal aplikasi tersebut tidak melakukan proses download update besar, saat terhubung ke jaringan hotspot smartphone.

Mungkin post ini berguna untuk kamu yang butuh solusi untuk masalah tersebut, kali ini kita akan membahas cara memblokir aplikasi agar tidak dapat terhubung ke internet, pada contoh ini saya akan memblokir akses google chrome. Untuk melakukan konfigurasi firewall pada sistem operasi Windows, maka kita perlu memiliki hak akses administator.

1. Untuk membuka menu firewall kita perlu menekan tombol Windows + R di keyboard secara bersamaan, maka akan tampil menu run. Kemudian kita ketik firewall.cpl, setelah itu klik ok atau tekan enter.

2. Setelah itu akan tampil menu utama firewall, kita cukup klik pada advanced settings untuk mengakses fitur penuh firewall di sistem operasi Windows.

3. Setelah menu firewall terbuka kita klik bagian Outbound Rules.

4. Untuk memblokir aplikasi kita perlu menambahkan rules baru pada firewall, dengan cara klik New Rules dipojok kanan bagian actions.

5. Akan tampil pop up untuk menambah rules firewall baru, klik pada program selanutnya klik next.

6. Setelah itu klik tombol browse pilih lokasi program yang akan diblock, saya memilih program Google Chrome untuk diblokir akses internetnya untuk sementara, klik open setelah itu klik next.

7. Setelah itu klik di bagian Block the connection, klik next lagi.

8. Centang ketiga opsi Domain, Public, dan Private. Selanjutya klik Next.

9. Selanjutnya beri nama rules firewall, disini saya menggunakan nama Block Chrome. Silahkan kamu ganti dengan nama yang ingin kamu pakai di bagian Description bisa kamu kosongi karena bersifat opsional, klik finish.

 

Ketika saya mencoba berselancar di internet dengan google chrome maka google tidak dapat mengakses internet seperti yang kita harapkan.

Membuka akses internet program yang di Block

Untuk membuka akses internet program yang telah kita block dengan windows firewall caranya sangat mudah, kita cukup buka lagi menu Windows firewall dengan cara diatas, setelah itu kita klik kanan pada nama rules yang telah kita buat tadi. Setelah itu kita klik Disable Rule atau kita dapat menghapus dengan memilih delete. Silahkan teman-teman pilih salah satu.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *