Management password dengan aplikasi password manager

Setiap hari website-website seperti social media, email, bisnis professional, edukasi, entertaiment dibuka, sebagian besar dari website tersebut meminta pengguna untuk mendaftarkan diri mereka atau melakukan proses login. Dijaman modern ini hampir semua website yang membutuhkan proses verifikasi mengharuskan pengguna untuk memiliki akun.

Tentunya hal ini tidak menjadi masalah jika kita hanya memiliki satu atau dua akun diwebsite tersebut, tetapi masalah akan muncul saat kita memiliki banyak akun dengan username dan password yang berbeda-beda, tentunya akan menjadi sulit untuk mengingat password dari masing-masing akun. Untuk tujuan itulah aplikasi Password manager dibuat.

Aplikasi Password Manager akan menyimpan semua password anda dalam 1 database, sehingga anda hanya perlu mengingat 1 password saja untuk semua akun anda yaitu password untuk aplikasi Password Manager. Disini saya menggunakan aplikasi Keepass karena beberapa keunggulan seperti berikut:

  • Gratis, anda tidak perlu membayar untuk menggunakannya.
  • Tersedia fitur import dan export, yang berguna jika anda melakukan backup pada password anda.
  • Ada fitur untuk menverifikasi seberapa aman password yang anda gunakan
  • Ada fitur untuk generate password
  • Aplikasi Keepass adalah aplikasi powerfull untuk management website

Pertama anda perlu untuk mendownload aplikasi Keepass Password Manager, setelah itu install aplikasi tersebut seperti biasa.

  1. Setelah proses install selesai, bukalah aplikasi Keepass tersebut. Kemudian klik Icon new untuk membuat database baru.
  2. Jika anda menemukan prompt New Database klik saja ok, kemudian pilihlah tempat anda akan menyimpan database anda.
  3. Anda akan diminta untuk memasukkan master password, master password disini digunakan untuk membuka aplikasi Keepass. Simpan master password ditempat yang aman seperti cloud storage.
  4. Isikan nama database dan default username yang ingin anda gunakan, atau kosongkan jika anda belum ingin mengisinya, selanjutnya klik OK.
  5. Anda akan menemukan sample username dan password, jika anda ingin menghaspus data dummy tersebut. Klik kanan kemudian klik delete entry.
  6. Klik icon add entry untuk menambahkan history password baru.
  7. Masukkan judul, username / email, password yang digunakan untuk proses login anda ke situs tertentu, kemudian klik OK.
  8. Anda tidak dapat melihat password secara langsung, tapi anda bisa men-copy password dengan cara klik kanan pilih copy password saat membutuhkannya.
  9. Jika anda merubah password anda disitus tertentu, anda dapat mengupdate password anda dengan cara klik kanan pada item yang ingin anda update, kemudian pilih Edit Entry…

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *