Jenis lisensi Windows yang perlu anda ketahui

jenis lisensi windows

Setelah melakukan instalasi sistem operasi Windows, salah satu hal penting yang tidak boleh dilewatkan adalah melakukan aktivasi, untuk melakukan aktivasi Windows secara legal (bukan crack) kita perlu memasukkan lesensi yang berupa kode yang disebut product key yang berjumlah 25 karakter. Microsoft membuat tiga jenis lisensi untuk Windows.

1. Lisensi Retail

Lisensi retail atau biasa disebut juga FPP atau Full Packet Product adalah lisensi yang dijual Microsoft kepada perorangan dan hanya bisa dipakai untuk satu komputer saja. Meskipun begitu lisensi retail juga bisa ditransfer atau dipindah ke komputer lain, dengan syarat lisensi tersebut harus dicopot terlebih dahulu dari lisensi lamanya. Lisensi jenis ini juga mendapat dukungan penuh dari Microsoft.

2. Lisensi OEM

Jenis lisensi OEM atau kependekan dari Original Equipment Manufacture adalah lisensi yang biasanya dikeluarkan oleh vendor laptop / pc yang digunakan. Lisensi ini tertanam di hardware yang digunakan (biasanya Motherboard). Biasanya komputer atau laptop yang memiliki lisensi ini memiliki sticker Windows.

Lisensi jenis ini juga hanya dapat digunakan di satu komputer saja, serta tidak dapat digunakan. Pengguna lisensi OEM juga mendapat dukungan dari Microsoft hanya saja terbatas, tidak selengkap dukungan untuk lisensi Retail. sebagai gantinya jika terdapat masalah pada perangkat anda, tidak bisa mendapat bantuan langsung dari Microsoft, tetapi dapat meminta bantuan pada vendor pabrikan laptop / pc yang digunakan.

3. Lisensi Volume

Jenis lisensi ini biasanya dipesan oleh perusahaan, sekolah, ataupun organisasi pemerintah, satu lisensi bisa dipakai lebih dari satu komputer. Biasanya dikeluarkan oleh Microsoft untuk pelaku bisnis yang menggunakan banyak komputer (bukan perorangan).

Tentunya ini akan lebih menghemat Cost perusahaan, karena harga untuk lisensi Volume lebih murah daripada membeli lisensi Retail untuk satu persatu PC. Mengenai jumlah komputer yang bisa dicover dengan lisensi ini tergantung perjanjian didalam lisensi tersebut.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *