Installasi SQL Server Management Studio di Windows 10

Administrasi database adalah kegiatan rumit dan kompleks, adalah sebuah berkat karena managemen database dapat dilakukan dengan Database Management Tools seperti yang sudah kita bahas diartikel sebelumnya.

Sebagian aplikasi Database Management masih belum support untuk database SQL Server dan jikapun support, bisanya perlu membayar harga tertentu untuk menggunakannya. Beruntungnya SQL Server memiliki Database management tools sendiri.

Database Management ini bernama SQL Server Management Studio atau yang biasa disingkat SMSS. SMSS ini dibuat oleh Microsoft dan dikhususkan untuk management database seperti Azure, SQL Server, dan produk Microsoft lainnya, menariknya lagi SMSS ini bersifat gratis jadi anda tidak perlu membayar untuk menggunakannya.

SQL Server Management Studio memiliki built-in query editor, syntax highlight, juga kita dapat menjalankan banyak query secara bersamaan dengan memanfaatkan fitur tab, export dan import yang mudah, fitur lain yang cukup menarik adalah Debugging.

SMSS adalah aplikasi Database khusus SQL Server yang kaya akan fitur, powerfull sekaligus canggih. SMSS sangat membantu administrator database dan developer untuk mengolah  dan mengembangkan database.

Anda dapat mendownload SQL Server Management Studio dilaman resmi Microsoft,.

  1. Setelah anda mendownload aplikasi SMSS, jalankan file installer yang telah anda download, jika muncul popup UAC klik saja Yes. Setelah itu akan terbuka jendela installasi SMSS, klik Install.
  2. Tunggulah sampai proses instalasi SQL Server Database Studio selesai
  3. Setelah instalasi selesai klik Close
  4. Untuk membuka SMSS klik Start Menu => Microsoft SQL Server Tool => Microsoft SQL Server Management Studio.
  5. Maka SQL Server akan terkoneksi jika anda mengaksesnya dari localhost, klik Connect.
  6. Selamat anda sudah terkoneksi dengan SQL Server dan bebas melakukan apa yang anda inginkan seperti membuat database, insert, view data dan lain-lain.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *