Hapus file permanen di Windows agar tidak bisa direcovery

delete file permanen tidak bisa recoveryPada saat kita menghapus (delete) file seringkali kita berpikir bahwa file tersebut benar-benar sudah terhapus, tetapi sebenarnya file tersebut tidak benar-benar terhapus hanya dipindah sectornya saja. Sehingga memungkinkan file yang terhapus untuk bisa dikembalikan, proses pengembalian data yang telah terhapus inilah yang disebut data recovery.

Tetapi diartikel ini kita tidak akan membahas tentang data recovery, tetapi kita akan membahas tentang bagaimana cara agar file yang kita hapus tidak dapat (atau setidaknya sulit) dikembalikan meski dengan bantuan data recovery tool. Dengan bantuan tools bawaan dari Windows kita akan mencoba delete data hingga benar-benar terhapus dari harddisk.

Oke tanpa banyak kata lagi, mari kita ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama kita buka terlebih dahulu Command Prompt, dengan cara klik start menu kemudian ketik cmd.cara delete file agar tidak bisa direcovery
  2. Pada contoh kali ini saya akan menghapus file rose.jpg didalam folder secret yang ada di drive D

    hapus data secara permanen

  3. Setelah aplikasi Command Prompt terbuka ketikkan perintah : cipher /w:path. pada contoh ini file saya sebelumnya yang ada di drive D:\secret\ maka saya mengetikkan perintah cipher /w:d:\secret\ .
    Maka seluruh file yang sebelumnya pernah tersimpan dan sudah dihapus dari folder secret akan dilakukan proses pembakaran, sehingga file-file tersebut tidak dapat dikembalikan lagi. Tunggulah sampai proses ini selesai.

    menghapus data permanen tidak bisa recovery
    Selamat anda telah menghapus data atau file secara permanen di Windows, selamat mencoba hal baru.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *