Daftar Game engine terbaik untuk Game Development

Game engine adalah serangkaian perangkat lunak atau software yang berfungsi untuk mempermudah game developer untuk membuat sebuah game.

Biasanya didalam game engine terdapat fitur-fitur seperti streaming, networking, rendering graphics, 3D animation, sound, scripting, physhics, memory management, dan lain sebagainya.

Game Developer tidak perlu memikirkan hal-hal teknis diatas, cukup mengaplikasikan yang ada didalam game engine tersebut, sehingga mempercepat proses development.

Banyak sekali Game Engine yang bisa digunakan, mulai dari yang gratis sampai dengan yang berbayar, kali ini kita akan bahas beberapa diantaranya.

Berikut adalah daftar game engine untuk memulai membuat game anda sendiri :

  1. Godot EngineGodot adalah Game Engine yang bersifat 100 persen gratis dan open source tanpa royalti. Godot juga bersifat Cross Platform. Anda bisa membuat game untuk Windows, Linux, Mac OS, Android ataupun IOS.Godot juga memiliki dokumentasi dan komunitas yang aktif, sehingga jika mengalami kendala anda dapat bertanya pada pakarnya.

    Godot mensupport Bahasa Pemrograman Seperti GDScript, C# dan C++.

  2. Unity
    Unity adalah game engine yang sudah sangat terkenal karena keandalannya dalam proses pembuatan game, selain itu tutorial tentang game engine ini juga bertebaran di Internet.Unity memiliki komunitas yang aktif, bahkan saat ini sudah bisa didownload dengan aplikasi Visual Studio, untuk versi Visual Studio saat ini sangat kompatibel dengan Unity Engine.

    Unity menggunakan C# sebagai Bahasa Pemrograman utamanya.

  3. Unreal EngineUnreal Engine sudah sangat terkenal karena keandalannya juga grafisnya yang sangat mempuni, game engine ini adalah besutan dari Epic Games.Fitunya juga sangat banyak seperti 3D, Virtual Reality, real time creation, dan lain sebagainya. Unreal Engine menggunakan Bahasa Pemrograman C++ untuk scripting utamanya.
  4. Defold
    Defold adalah Game Engine yang berfokus untuk pengembangan game untuk web dan mobile serta mensupport all platform.Defold bersifat gratis dan bisa didownload melalui situs resminya, menggunakan Bahasa LUA sebagai Scripting utamanya.

    Fitur utamanya Visual Editor, Code Editor, Scene Editor, Tilemap Editor, dll.

  5. Cry Engine
    Cry Engine juga merupakan Game Engine yang sudah lama beredar di pasaran, sama seperti Unreal. Cry Engine juga menggunakan bahasa C++ sebagai scriptingnya.

    Cry Engine juga menggunakan sistem royalti dari para Developer jika game mereka sukses beredar dipasaran, engine ini cukup rumit apabila dipakai oleh pemula.

  6. Armory3dArmory3D adalah game engine 3 dimensi yang berfokus pada portablity, minimal footprint, dan performa. Game engine ini bersifat gratis dan Open Source dan merupakan add ons yang diinstall dengan aplikasi Blender.Anda perlu menginstall aplikasi Blender untuk menggunakan game engine ini.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *