Daftar aplikasi Rest Client terbaik untuk Rest API testing

Rest API atau lebih lengkapnya disebut Restful API (Representational State Transfer) adalah salah satu jenis API (Application Programming Interface) yang biasa digunakan untuk pertukaran data antar banyak aplikasi, tanpa peduli bagaimana aplikasi dibuat atau dengan bahasa apa aplikasi tersebut dibuat.

Rest API biasanya menggunakan protokol http, dan format data yang dikembalikan pun beragam tergantung kebutuhan dari pembuatan Rest API tersebut, tetapi biasanya Rest API mengembalikan format dalam bentuk JSON. Karena format JSON merupakan format yang paling banyak digunakan serta mudah untuk diolah.

Rest API menggunakan terminologi Client-Server, aplikasi yang mengolah data dari database dan melayani permintaan dari clent disebut Rest-Server sementara aplikasi yang mengirim request dan menerima data dari Rest-Server disebut Rest-Client.

Untuk mengecek sebuah Rest Server berjalan dengan normal sesuai harapan maka perlu dilakukan pengetesan / ujicoba oleh Developer atau Programmer. Aplikasi yang digunakan untuk proses test atau ujicoba API inilah yang disebut API testing tools.

Ada banyak sekali API testing tools yang bisa digunakan dari yang gratis sampai yang berbayar. Kali ini kita akan membahas beberapa diantaranya khususnya untuk Rest API testing tool.

  1. Katalon Studiokatalon studio aplikasi testing rest api lengkap
    Katalon Studio adalah Api Testing tools yang mensupport testing web API baik Rest maupun SOAP, tak hanya itu Katalon merupakan all in one tools yang memiliki test otomatis untuk web, mobile, api, dan desktop. Sayangnya Katalon saat ini hanya tersedia untuk pengguna bisnis, anda dapat menggunakan Katalon jika anda memiliki email bisnis (email gmail atau yahoo tidak bisa digunakan). Katalon memiliki fitur yang sangat lengkap cocok bagi anda yang akan men-tes berbagai jenis api.
  2. Insomiainsomnia tools testing rest api mudah
    Insomnia core adalah tools api testing yang dikhususkan untuk uji coba API bertipe Rest, GraphQL, dan gPRC. Kesederhaan adalah kunci utama aplikasi ini, tools ini sangat mudah digunakan dan tidak akan butuh waktu lama untuk mempelajari interfacenya. Insomnia ini bersifat gratis dan opensource anda dapat mengunduhnya dilaman resminya.
  3. Postmanpostman tool testing rest api
    Postman adalah tools Rest API testing yang sudah sangat terkenal karena kemudahan penggunaannya selain itu postman juga merupakan tools gratis yang bisa anda gunakan untuk ujicoba api buatan anda. Postman ibarat namanya tukang pos handal untuk berkomunikasi dengan Rest API.
  4. Testmacetest mace ujicoba api
    Testmace adalah salah satu tools api testing yang cukup menarik karena memiliki fitur automatic testing, selain itu test mace memiliki tampilan interface yang cukup bagus, selain itu kita bisa menyimpan hasil test ke cloud. Untuk versi basicnya bersifat gratis, anda bisa mencoba testing API buatan anda dengan test mace ini.
  5. Http Masterhttp master tool api testing
    Tools Rest API testing terakhir yang kita bahas adalah Httpmaster, tersedia dua versi untuk aplikasinya express (gratis) dan professional (berbayar), untuk versi gratisnya sendiri sudah sangat bagus untuk ujicoba Rest API. Tools ini layak anda coba sebagai API tester.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *