Cara menyembunyikan file dengan teknik Steganography

teknik menyembunyikan file pribadiSteganography adalah sebuah teknik menyembunyikan data atau file rahasia didalam file lain (biasanya gambar) supaya file rahasia tersebut tidak dapat diakses tanpa mengetahui caranya. Penggunaan Steganography biasanya dikombonasikan dengan enkripsi maupun password untuk menambah keamanan data tersebut.

Steganography bisa digunakan untuk menyembunyikan hampir semua jenis file digital, termasuk text, video ataupun audio file.  Diartikel kali ini kita akan mencoba menyembunyikan file, pada contoh ini berupa file text dengan bantuan aplikasi winrar didalam sebuah gambar.


Saya akan menyembunyikan file rahasia.txt didalam file rosebp.jpg. Kedua file tersebut berada didalam folder secret di drive D dikomputer saya.
Anda perlu menyiapkan 3 hal untuk melakukan teknik Steganography ini yaitu : file rahasia yang ingin anda sembunyikan, file gambar, dan aplikasi Winrar.

1. Pertama anda perlu membuka aplikasi CMD atau Command prompt terlebih dahulu, dengan cara klik start menu kemudian ketik cmd. Kemudian pilih Command Prompt.


2. Kembali di folder secret saya akan mengisi file rahasia.txt saya dengan text “Pembunuhan John F Kennedy”, setelah itu saya akan membuat file rahasia.txt menjadi file Archive berformat .rar, disini saya beri nama rahasia.rar.


3. Kita buka aplikasi cmd lagi kemudian kita arahkan lokasi directory dengan perintah cd. Karena lokasi file yang ingin saya sembunyikan ada di drive D dan didalam folder secret maka saya mengetikkan perintah cd d:\secret.


4. Untuk Menyembunyikan file kita ketikkan perintah :
copy /b namafilegambar + filerahasia.rar hasilgambar
copy /b digunakan untuk menyembunyikan gambar, namafilegambar adalah gambar awal untuk menyembunyikan file, filerahasia.rar adalah nama file yang ingin disembunyikan, sedangkan hasilgambar adalah file yang akan menampung data rahasia.

menyembunyikan file dengan cmd steganography
copy /b rosebp.jpg + rahasia.rar hasil.jpg
Jika saya mengetikkan perintah seperti gambar diatas maka akan dibuat file baru bernama hasil.jpg yaitu hasil file gabungan antara rosebp.jpg dan rahasia.rar.

File hasil.jpg adalah file gambar biasa jika saya buka dengan image viewer maka akan menampilkan gambar yang biasa pula, tetapi didalam gambar inilah file rahasia.rar kita tersimpan.
Anda bisa menghapus file rahasia asli dan file rarnya jika memang sudah tidak dibutuhkan dan menggunakan file hasilnya untuk disimpan.

file hasil steganography

Bagaimana cara membuka file yang disembunyikan?

Untuk membuka file yang disembunyikan caranya sangat mudah pertama anda perlu membuka gambar hasil.jpg dengan aplikasi winrar.

1. Pertama buka aplikasi winrar terlebih dahulu, kemudian klik file open archive…

2. Buka lokasi file yang menyimpan hasil.jpg, dengan sebelumnya memilih all file, disebelah kolom filename.

membuka file tersembunyi steganography
4. Buka file hasil.jpg dengan winrar, maka file rahasia akan tampil. Anda bisa melihat ataupun mengekstrak file rahasia tersebut layaknya sebuah file rar.

membuka file tersembunyi steganographySelamat anda telah belajar cara menyembunyikan file didalam sebuah gambar, saran pertama dari kami : untuk menambah keamanan file rahasia tersebut anda sebaiknya memberikan password kedalam file rahasia tersebut, jadi jika seseorang menemukan file rahasia tersebut, mereka masih harus menggunakan password untuk membukanya.

Saran dari kami yang kedua adalah jangan menyimpan file rahasia berukuran besar didalam gambar yang berukuran kecil, karena akan menimbulkan kecurigaan. Jika file gambar memiliki ukuran misalnya puluhan gigabyte. karena file rahasia akan digabungkan dengan file gambar maka ukuran file gambar-nya otomatis akan membesar.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *