Cara mengetahui transfer rate berbagai media penyimpanan

Storage media atau media penyimpanan sudah tidak asing lagi bagi kita pengguna gadget dan komputer karena kita menggunakannya sehari-hari untuk menyimpan dokumen, foto, musik, aplikasi, dll. Ada satu elemen penting media penyimpanan yang jarang diperhatikan, tetapi sebenarnya sangat penting sekali.

Karena akan menentukan seberapa cepat data dapat diakses, Transfer rate atau kecepatan transfer adalah kecepatan dari suatu disk dalam mengakses data. Transfer rate meliputi kecepatan baca (read) dan kecepatan tulis (write), biasanya dari pabrikan sudah menyertakan berapa transfer rate dari suatu media penyimpanan.

Tetapi biasanya seiring berjalannya waktu kecepatan baca dan tulis dapat berubah karena banyak faktor, kita dapat menguji kecepatan baca dan tulis suatu media penyimpanan seperti flashdisk, harddisk, dan SSD dengan aplikasi CrystalDiskMark yang dapat anda download disitus resminya.

  1. Setelah anda mendownload dan men-installnya, bukalah aplikasi CrystalDiskMark. Pilihlah partisi yang ingin anda hitung transfer ratenya. Disini saya akan mengukur transfer rate flashdisk yang berada di drive E

  2. Klik pada tombol All untuk memulai proses perhitungan transfer rate, maka proses perhitungan baca dan tulis akan dijalankan. Tunggu sampai proses selesai dan anda mendapatkan transfer rate media penyimpanan anda.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *