Cara mengamankan file dengan teknik enkripsi

mengamankan file dengan menggunakan teknik enkripsi

Sebelumnya kita sudah membahas cara menyembunyikan file didalam gambar, kali ini kita akan membahas hal yang sedikit berbeda tentang cara pengamanan file yaitu dengan teknik enkripsi. Tetapi sebelum kita membahas cara menggunakan teknik enkripsi pada file, kita akan coba mempelajari bagaimana enkripsi itu bekerja apa itu enkripsi, dekripsi dan key (kunci).

Kriptografi adalah sebuah metode untuk mengamankan data menggunakan algoritma tertentu sehingga data tersebut menjadi tidak bisa dibaca oleh pihak ketiga yang tidak berhak.
Proses mengamankan data disebut enkripsi dengan menggunakan key (kunci) yang hanya dimiliki oleh pihak yang berhak mengaksesnya, untuk merubah data yang telah dienkripsi kembali menjadi data asli yang dapat dibaca disebut proses dekripsi dengan menggunakan kunci untuk dekripsi.

Kali ini kita akan menerapkan teknik enkripsi untuk mengamankan file agar menjadi tidak dapat dibaca jika belum dilakukan proses dekripsi, pada contoh ini saya menggunakan aplikasi Encoding Decoding Free buatan Elephant Software karena bersifat gratis. Pastikan untuk tidak melupakan password anda karena jika tidak file anda tidak akan terdeskripsi dengan sempurna, simpan password di tempat yang aman. Kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan secara langsung dan tidak langsung dengan program ini, karena yang kami bagikan hanya murni untuk pengetahuan semata.

Setelah anda mendownload aplikasi Encoding Decoding Free, mari kita lanjutkan untuk enkripsi file rahasia kita.

1. Buka aplikasi encrypt decrypt dengan klik start menu => Encoding Decoding Free

mengenskripsi file dengan aplikasi

2. Anda akan mendapati sebuah pernyataan yang kira-kira berbunyi seperti ini : “Program Encoding Decoding sepenuhnya gratis, mudah, cepat dan aman untuk Encoding dan Decoding file. Program ini tidak memberikan jaminan atau support, author tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan yang terjadi secara langsung maupun tidak langsung dari penggunaan program”. Jika anda paham pernyataan tersebut klik OK.

3. Untuk merubah level enskripsi klik pada tab Encoding, silahkan memilih level dan algoritma yang akan digunakan. Saya akan menggunakan defaultnya saja.

4. Untuk mulai melakukan enkripsi pada file klik pada tab File => Open

pengertian dan penggunaan enkripsi

5. Setelah itu pilih file yang akan dilakukan proses enkripsi, selanjutnya klik open.

enkripsi dekripsi untuk mengamankan file

6. Masukkan password untuk melakukan proses enkripsi, dan ketikkan kembali di kolom re-type.

aplikasi untuk mengamankan file

7. Tunggu sampai proses enkripsi selesai, klik OK.

8. Anda akan mendapati file baru berekstensi .cdu3 ini adalah file yang sudah terenskripsi.

teknik mengamankan data dengan enkripsi dan dekripsi

9. Untuk melakukan proses deskripsi, maka saya melakukan hal yang sama yakni membuka aplikasi Encode Decoder lagi dan membuka file yang berekstensi .cdu3 (file yang terenkrpsi)

10. Masukkan password untuk melakukan proses dekripsi (pastikan untuk memasukkan password yang benar, karena jika memasukkan password yang salah: file akan tetap didekripsi dan hasilnya tidak akan terbaca).

11. File berhasil dideskripsi

teknik jitu mengamankan file
Terimakasih sudah membaca artikel pengamanan file teknik enkripsi, semoga membantu mengamankan data teman-teman.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *