Cara export dan import database Mysql dengan Phpmyadmin

Cara import dan export mysql database dengan phpmyadmin

Melakukan backup database secara rutin adalah hal yang tidak boleh dilewatkan karena database merupakan komponen paling penting dan menyimpan data suatu organisasi atau perusahaan. Ada banyak tools database management yang biasa digunakan untuk proses backup dan restore database seperti yang kita bahas diartikel sebelumnya tentang Daftar aplikasi Database Management Tools, tetapi kali ini kita akan menggunakan tools yang biasanya merupakan bawaan dari setiap webserver yaitu Phpmyadmin.

Untuk proses backup database menjadi file SQL diartikel ini kita sebut sebagai proses export, sedangkan proses restore database dari file SQL ke database kita sebut sebagai proses import. Pada artikel ini saya menggunakan webserver Mamp, jika teman-teman menggunakan webserver lain, tinggal menyesuaikan saja.

PhpMyadmin adalah tools sederhana yang biasa digunakan oleh administator database dan programmer untuk melakukan management database seperti menjalankan query, backup, restore, dan lainnya.

Melakukan proses backup (export) database di PhpMyadmin

  1. Pertama anda perlu membuka halaman PhpMyadmin, contoh disini saya menggunakan webserver lokal saya maka saya membuka url http://localhost/phpmyadmin.
  2. Pilihlah database yang ingin anda export, disini saya akan membackup database codegram. Selanjutnya klik Export, dibagian format pilih sql. Untuk melanjukan proses export klik Go
  3. File SQL telah berhasil didownload, ini adalah file backup database yang telah anda pilih

Cara restore (Import) database lewat PhpMyadmin

  1. Seperti saat melakukan proses export database, saat melakukan import. Pertama kita buka phpmyadmin, kemudian pilih Choose File untuk memilih file. Setelah itu browse pada file SQL yang ingin di-import, klik Open. Setelah selesai scroll kebawah, pilih go.
  2. Tunggu sampai proses import selesai, jika tidak mengalami masalah maka database sudah ter-import dengan benar.
  3. Jika anda menemukan kendala No data was received to import. Either no file name was submitted, or the file size exceeded the maximum size permitted by your PHP configuration. Maka anda perlu merubah ukuran maksimum upload file pada php.ini..

Terimakasih sudah membaca artikel tentang cara export database mysql dengan PhpMyadmin, jika ada pertanyaan silahkan untuk mengisi kolom komentar dibawah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *