Belajar bahasa pemrograman Kotlin: IF Statement

IF adalah salah satu statement logika percabangan atau control flow yang dimiliki bahasa pemrograman, berfungsi untuk menjalankan kode tertentu jika parameter yang diberikan adalah True (benar). If merupakan keyword krusial karena membuat kode dapat dijalankan dengan syarat tertentu.

Jika parameter yang diberikan pada statement if adalah true (benar) maka kode akan akan dijalankan, sebaliknya jika false (salah) maka kode akan diabaikan. Silahkan untuk melihat kode berikut dengan IntelliJ IDEA.

fun main(){
   if(true){
      println("Perintah ini akan dijalankan")
   }
   if(false){
      println("Perintah ini diabaikan")
   }
   if(3>2){
      println("ekspresi 3 > 2 benar")
   }
}

Pada contoh diatas di statement if pertama akan menampilkan string “Perintah ini akan dijalankan” karena nilai parameternya true, di statement kedua karena parameternya false maka text akan diabaikan. Sedangkan di teks ke-tiga expresinya adalah true karena 3 lebih besar dari 2, maka text “ekspresi 3 > 2 benar” akan ditampilkan.

Contoh kedua kita akan membuat program yang akan menentukan apakah seseorang boleh masuk ke Bioskop dengan syarat berusia 18 tahun keatas, kita bisa menggunakan perintah If untuk menentukan bahwa usia tersebut diijinkan untuk menonton. Berikut adalah source code yang kita coba buat:

fun main(){
   var film = "Winnie the Pooh VS Godzilla"
   var usia: Int = 18
   if(usia >= 18){
      println("Anda berusia $usia menonton $film")
   }
   usia = 15
   if(usia >= 18){
      println("Anda berusia $usia menonton $film")
   }
}

Pada baris pertama kita mendeklarasikan variabel string dengan nama variabel film dengan “Winnie the Pooh VS Godzilla”, di baris kedua kita mendeklarasikan variabel usia dengan tipe integer berisi 18.
Setelah itu kita melakukan operasi if jika usia diatas atau sama dengan 18 tahun maka akan menampilkan text, karena variabel usia berisi 18 maka text akan tampil.
Selanjutnya kita mengubah variabel usia menjadi 15 tahun, dan melakukan operasi if lagi jika usia diatas atau sama dengan 18 tahun maka akan menampilkan text, karena variabel usia sudah dirubah 15 maka text akan tidak tampil.


Selamat anda telah belajar logika percabangan IF dengan kotlin, selanjutnya kita akan membahas IF – ELSE. Sama seperti if tapi kita akan menghandle jika parameter yang diberikan bersifat False (salah). Selamat belajar hal baru!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *