Belajar bahasa pemrograman Kotlin: If Else Statement

Diartikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai bagaimana cara penggunaan perintah if, kali ini kira akan membahasa mengenai If Else statement pada bahasa pemrograman Kotlin. Jika IF akan menjalankan perintah saat kondisinya benar, maka Else akan dijalankan jika  kondisi IF tidak terpenuhi. Yang artinya Else akan menghandle jika kondisi if bernilai False (salah).

Untuk lebih jelasnya silahkan untuk melihat kode dibawah, dicontoh ini kita akan menentukan apakah usia seseorang diatas atau dibawah 25 tahun.

fun main(){
   var usia: Int = 26
   if(usia < 25){
      println("Bawah 25 tahun")
   }else{
      println("25 tahun keatas")
   }
}

Dibaris pertama kita mendeklarasikan variabel usia dengan tipe Integer dengan nilai 26, dibaris selanjutnya kita melakukan  pengecekan dengan statement IF jika variabel usia bernilai lebih kecil dari 25. Karena variabel usia bernilai 26 maka If tidak terpenuhi (tidak dijalankan) dan secara otomatis statement else akan dijalankan. Jika code diatas dirun hasilnya adalah sebagai berikut :

Pada contoh kedua kita akan kembali membuat program untuk menentukan apakah seseorang boleh masuk bioskop dengan syarat berusia 18 tahun keatas, jika berusia dibawah 18 tahun akan menampilkan pesan : “Anda tidak diijinkan menonton film”.¬† Berikut adalah code yang coba saya buat untuk program tersebut :

fun main(){
   var film = "Winnie the Pooh VS Godzilla"
   var usia: Int = 18
   if(usia >= 18){
      println("Anda berusia $usia menonton $film")
   }else{
      println("Anda tidak diijinkan menonton film.")
   }

   usia = 15
   if(usia >= 18){
      println("Anda berusia $usia menonton $film")
   }else{
      println("Anda tidak diijinkan menonton film.")
   }
}

Saat program tersebut dijalankan maka akan menampilkan hasil sebagai berikut, tentunya sekarang tahu bagaimana statement IF ELSE bekerja.

Selamat belajar hal baru, semoga tutorial ini membantu anda. Diartikel selanjutnya kita akan membahas IF Else IF dan Else.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *