Belajar bahasa pemrograman Kotlin: Do While Loop

Do While loop adalah salah satu fungsi perulangan dalam bahasa pemrograman, termasuk dalam bahasa Kotlin.

Syntaxnya sama seperti dalam bahasa-bahasa seperti C++, Java, atau C#, perulangan jenis ini cukup rumit dibandingkan yang lain.

Perbedaan dari do-while loop dan while loop adalah do while tetap akan dijalankan setidaknya satu kali, tidak perduli syarat terpenuhi atau tidak.

Syntax perulangannya ada dalam block do dan syarat perulangannya ada dalam kurung while, untuk lebih mudahnya lihat contoh dibawah.

fun main(){
    var i = 1
    do{
        println(i)
        ++i
    }while(i <= 5)
}

Kita menampilkan bilangan 1 sampai dengan 5, didalam block do kita menampilkan ke console variabel i dan melakukan increment.

Proses increment ini sama dengan contoh pada perulangan while, supaya syarat terpenuhi dan perulangan berhenti sesuai harapan.

Kemudian syarat kita masukkan dalam kurung while, dalam contoh ini kita memasukkan parameter ulangi jika i lebih kecil atau sama dengan 5.

Jika kode diatas dijalankan maka hasilnya adalah:

Seperti sudah dibahas sebelumnya, perulangan do while akan tetap dijalankan minimal satu kali meskipun syaratnya tidak terpenuhi.

Pada contoh berikut kita akan memberikan syarat yang bernilai salah.

fun main(){
    do{
        println("Kode ini akan dijalankan setidaknya 1 kali")
    }while(7 > 10)
}

Pada contoh diatas kita memberikan syarat 7 lebih besar dari 10 yang berarti salah, tetapi jika dirunning hasilnya akan tetap dijalankan 1 kali.

Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi teman semua, Semangat belajar hal baru. Cheers!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *