Belajar bahasa pemrograman kotlin: Apa itu Kotlin?

Kotlin adalah bahasa pemrograman Statically Type yang bersifat Open Source yang dikembangkan oleh perusahaan Jetbrain sejak 2010.

Statically Type adalah bahasa pemrograman yang memiliki karakteristik tipe data suatu variabel ditentukan saat proses kompilasi progam.

Pada event Google IO 2017, Google menyatakan Kotlin adalah bahasa yang sepenuhnya didukung untuk pengembangan aplikasi Android.

Kotlin berjalan diatas JVM (Java Virtual Macine) yang artinya kita membutuhkan Java SDK untuk menjalankan kotlin, meskipun begitu kotlin juga disediakan dalam versi Native serta dapat dicompile menjadi Javascript.

Kelebihan Kotlin:

1. Interopability : Kotlin sedari awal memang dirancang kompatibel dengan bahasa Java, meskipun secara sintask kotlin sangat berbeda dengan Java, tetapi Kotlin 100% kompatibel dan dapat bekerja sama dengan Java. Jadi memungkinkan programmer dalam satu project menggunakan bahasa Kotlin dan Java secara bersamaan.

2. Concise (ringkas) : Dalam bahasa kotlin kita bisa menghindari Boilerplate kode atau kode yang berlebih, sehingga kita bisa menulis kode lebih sedikit daripada saat menggunakan bahasa Java. Serta banyak bahasa yang memang disederhanakan seperti Lambda Expression.

3. Terhindar dari Null Pointer Exception : Null Pointer Exception atau biasa disingkat NPE adalah error yang sangat terkenal dikalangan programmer, error ini biasa terjadi karena kita mencoba mengakses data yang memiliki akses memori ke Null.

4. Mudah dipelajari : Kotlin adalah bahasa yang relatif mudah dipahami, terutama bagi mereka yang pernah menggunakan bahasa Java, meskipun begitu pemula yang belum mengerti bahasa pemrogram sama sekali juga akan cukup cepat beradaptasi.

Kekurangan Kotlin:

  1. Kotlin bukan Java : Meskipun teman-teman sudah menguasai bahasa Java bukan berarti kalian bisa menguasai bahasa kotlin dalam waktu satu hari.
  2. Resource pembelajaran yang masih sedikit : Kotlin merupakan bahasa yang masih relatif baru, jadi masih sedikit tutorial dan situs yang membahas mengenai bahasa Kotlin ini.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *