Aplikasi Webserver localhost terbaik untuk developing website

webserver localhostWebserver adalah server yang bertugas menangani request client terhadap web services sementara localhost adalah host komputer yang menjalankan aplikasi server secara lokal. Kita tidak memerlukan komputer dengan spesifikasi tinggi jika hanya ingin menjalankan website yang terkesan ringan dan hanya menangani beberapa request saja, bahkan kita bisa membuat webserver dengan berbekalkan komputer atau laptop berspesifikasi standar dengan bantuan aplikasi webserver.

Aplikasi webserver digunakan oleh programmer dan web developer untuk menjalankan dan melakukan ujicoba aplikasi buatan mereka sebelum benar-benar dionline-kan, dan dalam beberapa kasus benar-benar digunakan untuk website jaringan lokal, sehingga lebih hemat karena tidak membutuhkan biaya hosting.

Biasanya dalam aplikasi webserver local ini sudah bundling fitur seperti php, database mysql, apache / nginx, phpmyadmin, dan fitur tambahan lainnya. Ada cukup banyak daftar aplikasi webserver local yang bisa digunakan dari yang gratis sampai berbayar, tapi kita coba akan ulas beberapa diantaranya.

1. Mamp
mamp environtment webserver
Mamp adalah webserver yang mensupport apache dan nginx (anda memilih salah satu), user interface dari Mamp ini sangat sederhana sehingga anda dapat berfokus untuk mengembangkan website anda bukan ke hal teknis webserver. Mamp tersedia dalam dua versi yakni versi Pro (berbayar) dan versi gratis, didalam aplikasi ini sudah dibundling : php, apache / nginx, mysql, phpmyadmin. Pada saat artikel ini ditulis mamp versi terbaru menssuport php versi 7.3.7 dan 7.4.2, untuk mendownload Mamp anda bisa berkunjung ke website resminya disini.

Sistem operasi yang didukung: Windows dan Mac OS

2. Laragon Webserver
laragon webserver
Laragon adalah Universal Development Environtmet untuk php memliki design interface yang sangat minimalis sehingga memudahkan web developer untuk fokus pada pengembangan website mereka, yang menjadikan laragon unik adalah kita bisa menjalankan apache dan nginx secara bersamaan selain itu laragon bahkan juga mensupport untuk module SSL.

Untuk versi full sudah bundling : PHP versi 7.2, Heidi SQL, apache dan nginx, SSL module, Git, Yarn, Nodejs. Saat artikel ini ditulis Laragon hanya mensupport sistem operasi Windows saja, laragon dapat didownload melalui situs resminya disini.

3. Ampps
ampps webserver
Ampps adalah webserver local besutan Softaculus yang merupakan gabungan dari Wamp, Lamp, dan Mamp didalamnya banyak sekali fitur-fitur yang membantu proses developing website. Didalamnya sudah bundling phpmyadmin, mysql, PHP, dan modul control panel lengkap. Pada saat artikel ini ditulis ammps versi terbaru mendukung PHP versi 7 dan 5.6. Ampps dapat didownload di website resminya disini.

Sistem operasi yang didukung: Windows, Linux, dan Mac OS

4. Xampp
xampp webserver
Xampp adalah salah satu aplikasi webserver local yang sangat populer dikembangkan oleh Apache Friends selain bersifat cross platform didalamnya juga dibundling bermacam-macam fitur seperti PHP, Phpmyadmin, mysql, tomcat, ftp, dll.
Selain itu mengedit konfigurasi webserver xampp juga sangat mudah, sehingga tidak mengherankan ini adalah webserver paling populer saat ini. Xampp bisa didownload diwebsite resminya disini.

Sistem operasi yang didukung: Windows, Linux, dan Mac OS

5. Wamp Webserver
wamp webserver
Wamp Server adalah salah satu webserver local yang banyak digunakan developer untuk test website sebelum dilaunchng ke publik, sayangnya wamp hanya tersedia untuk sistem operasi Windows saja dan banyak tutorial mereka yang berbahasa perancis. Didalam Wamp sudah include database Mysql, PHP, dan PhpMyadmin.
Wamp bisa didownload disitus resminya disini.

Itulah daftar webserver local yang dapat teman-teman coba untuk menjalankan website berbasis PHP yang teman-teman punya, urutan webserver terbaik ini berdasarkan pengalaman kami menggunakan aplikasi webserver, terimakasih.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *