Aplikasi terbaik untuk remote database management SQL

Bagi sebagian developer web dan administrator database, tools untuk melakukan remote database sangatlah penting karena sebagai tools untuk mengelola database yang digunakan oleh sistem saat berada dirumah atau database yang diremote adalah database yang disimpan dihosting.

Aplikasi remote database ini biasanya juga menyediakan visual yang menarik, efisiensi waktu pengelolaan database, hal-hal rumit yang jika dilakukan dengan phpmyadmin atau perintah console database menjadi lebih cepat dan mudah.

Sebagian tools remote database yang akan kita bahas difokuskan untuk remote database bertipe SQL (Structured Query Language) seperti MySQL, SQLite, Postgresql, SQLServer, Oracle Database. Beberapa dari aplikasi ini juga mensupport untuk remote database NoSQL seperti mongodb.

Beberapa fitur penting dari aplikasi database management ini adalah :

  1. Melakukan remote database seperti melihat data, menghapus data, update data yang tersimpan diserver.
  2. Membuat proses query menjadi lebih mudah dan lebih baik seperti query checking, menampilkan data menjadi teratur dan mudah dipahami, merapikan perintah query.
  3. Melakukan import dan export database untuk kepentingan backup.

Oke saya rasa cukup untuk pengenalan tools Database Management, mari kita kenali tools-tools yang biasa digunakan programmer, developer dan Administor database untuk mengendalikan sistem database.

 

  1. Datagrip

    Datagrip adalah database management tools buatan dari perusahaan Jetbrains, Datagrip memang tidaklah gratis tetapi fitur yang ditawarkan sangat sepadan.

    Dengan tampilan yang menawan Datagrip juga dilengkapi segudang fitur yang sangat bermanfaat seperti: export import database, Query beautify (mempercantik query), code checking, code generation, dan lain-lain.

    Untuk Datagrip tidak hanya mensupport database bertipe SQL tetapi database NOSQL juga bisa diremote dengan DataGrip. Masa percobaan untuk Datagrip adalah 30 hari, setelah itu anda diwajibkan untuk membayar lisensi untuk tetap menggunakannya.

    Sistem operasi yang didukung: Windows, MAC OS, Linux.

  2. Navicat
    Navicat tools untuk remote databaseNavicat bukanlah program yang gratis, tetapi merupakan salah tools terbaik untuk management dan remote database. Untuk versi Trial-nya anda bisa menggunakannya untuk periode waktu 14 hari, setelah itu anda diharuskan untuk membayar lisensi jika masih tetap ingin menggunakannya.

    Navicat database tool mensupport database bertipe SQL, serta database cloud seperti Amazon, Oracle, Google Cloud, Microsoft Azure.

    Fitur Navicat antara lain : Sinkronisasi database, visual query, query beautify (mempercantik query sehingga mudah dibaca), Database Designer, export import database.
    Sistem operasi yang didukung: Windows, MAC OS, Linux.

  3. Tableplus
    Tableplus sebagai database management tools Native, ringan, cepat dan powerful membuat proses development menjadi lebih cepat dan efisien.

    Tableplus menyediakan 2 versi untuk aplikasinya yaitu gratis dan berbayar, untuk versi gratisnya beberapa fitur dibatasi. Tableplus mensupport database SQL dan beberapa database NOSQL.

    Sistem operasi yang didukung: Windows, MAC OS, Linux, IOS.

  4. SQL Server Management Studio
    SQL Server Management Studio atau biasa disingkat SMSS adalah management database tools buatan Microsoft yang dikhususkan untuk database SQL Server, SMSS memiliki fitur yang powerfull, lengkap dan mudah digunakan.

    Dengan adanya tools SQL Server Management Studio sangat membantu, Sebagian aplikasi Database Management masih belum support SQL Server, kalaupun support biasanya kita harus membayar terlebih dahulu, sedangkan SMSS ini gratis.

    Fiturnya antara lain: export dan import, built-in query editor, membuat merubah dan menghapus data, dan fitur debugging, dan lainnya.

    Sistem operasi yang didukung: Windows

  5. MySQL Workbench


    MySQL Workbench adalah Database Management Tools yang dikhususkan untuk remote database MySQL yang dikembangkan oleh Oracle. Tanpa perlu tools berbayar yang cukup mahal kita bisa menggunakan MySQL Workbench bisa menjadi solusi untuk developer yang menggunakan MySQL sebagai database utama.

    Fiturnya antara lain: Diagram, Code Highlight, Visual Layout, query editor.

    Sistem operasi yang didukung: Windows, Linux, Mac OS

  6. DBeaver

    DBeaver adalah database management tools yang bersifat opensource untuk versi gratisnya bisa digunakan untuk mengelola banyak database termasuk SQL dan Firebird, tetapi untuk beberapa jenis database NOSQL diperlukan versi Enterprise yang termasuk dalam produk berbayar.

    Sistem operasi yang didukung: Windows, MAC OS, Linux.

  7. Pgadmin

    Pgadmin adalah tools database management system yang dikhususkan untuk management database Postgresql, pgadmin bisa didownload dan digunakan secara gratis serta fitur-fiturnya memang dikhususkan bagi anda yang menggunakan postgresql sebagai database utama anda.

    Sistem operasi yang didukung: Linux, Windows.

  8. SQLite Browser

    SQLite browser adalah tools ringan yang dikhususkan untuk mengolah database SQLite, program ini bersifat gratis tapi cukup powerfull jika hanya digunakan untuk platformnya.

    Sistem operasi yang didukung: Windows, MAC OS, Linux.

Sekian dari kami, jika anda memiliki rekomendasi tools database yang bisa ditambahkan disini. SIlahkan untuk menambahkan dikolom komentar. Selamat belajar hal baru!.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *