Aplikasi FTP Client gratis terbaik untuk remote file server

FTP atau File Transfer Protocol adalah salah satu protokol yang biasa digunakan untuk transfer file antar komputer dalam sebuah jaringan, FTP memiliki dua komponen utama yakni aplikasi FTP Server dan FTP Client.

FTP Server berfungsi sebagai aplikasi yang diinstall diserver dengan tujuan menyimpan dan memanage file, konfigurasi, direktori, termasuk username dan password.

FTP Client berfungsi sebagai aplikasi Client untuk mengakses, memodifikasi, dan mendownload file dari sebuah FTP Server.

Aplikasi FTP Client sangat berguna bagi anda yang biasa bekerja dengan file backup dan administrasi jaringan, protokol FTP digunakan untuk media sharing file dan keperluan backup data. FTP client juga biasa digunakan untuk remote suatu server seperti hosting atau VPS.

Beberapa aplikasi FTP Client juga support untuk melakukan backup data otomatis dan sinkronisasi data secara otomatis dan terjadwal.

Berikut adalah beberapa aplikasi FTP Client terbaik versi kami yang mungkin bisa anda gunakan sebagai rujukan.

  1. FileZilla

    FileZilla adalah aplikasi yang paling populer dan paling banyak digunakan sebagai media transfer data dengan protocol FTP. Tersedia dua versi yakni gratis dan berbayar, jika anda hanya membutuhkan fitur FTP saja maka versi gratis sudah cukup.

    FileZilla dirilis hampir 20 tahun yang lalu dan terus dikembangkan oleh developernya, koneksi FTP dengan FileZilla menjadi sangat mudah dan cepat, bahkan untuk user yang belum berpengalaman sekalipun.

    Aplikasi ini menggunakan tampilan dual panel sehingga memudahkan pembacaan dan proses transfer data oleh pengguna, cukup drag file yang diinginkan dari satu panel ke panel lain.

    User bisa menjalankan banyak koneksi sekaligus, yang berarti dapat terkoneksi dengan banyak server ftp secara bersamaan, bahkan kita bisa melanjutkan transfer file yang memiliki ukuran lebih dari 4 Gb, sangat berguna jika data terbatas atau koneksi buruk.

    Sistem operasi yang didukung: Windows, Linux, Mac Os.

  2. WinSCP

    WinSCP selain digunakan untuk aplikasi FTP Client juga memiliki fitur lain yakni sebagai SCP (Secure Copy Protocol) client yang berfungsi mentransfer file dalam jaringan secara aman.

    Untuk menggunakan aplikasi WinSCP dibutuhkan sedikit keahlian lebih atau setidaknya butuh bantuan dari orang yang biasa menggunakannya untuk melakukan setup aplikasi ini.

    Fitur lain yang cukup menarik adalah kita bisa membandingkan folder dan melakukan sinkronisasi file tanpa banyak usaha.

    WinSCP ini bersifat gratis dan sangat membantu proses remote dan transfer file, setelah setup dan konfigurasi proses transfer dan sinkronisasi data bisa menjadi sangat mudah.

  3. CyberDuck
    CyberDuck adalah aplikasi Storage Browser yang support FTP, SFTP, S3, Google Cloud Drive, Onedrive, Dropbox dan lain sebagainya yang membantu anda upload dan download file.

    Cyberduck bersifat open source dan gratis serta mensupport banyak host dan protokol sekaligus, serta layaknya storage browser yang membantu memanage file anda.

    Dengan tampilan User Friendly terlihat bersih dan elegan, serta fitur yang diatur sedemikian rupa seperti search, add, delete, permission, dan lain sebagainya. Bahkan terdapat juga fitur verifikasi data dengan checksum.

    Platform yang didukung: Windows dan Mac Os.

  4. DoggyFTP

    Jika anda hanya membutuhkan fitur dasar ftp seperti upload, download dan delete, maka DoggyFTP bisa menjadi tools andalan anda.

    Didesain khusus untuk fungsi dasar FTP membuat aplikasi DoggyFTP menjadi aplikasi yang ringan dan mudah digunakan.

    DoggyFTP adalah aplikasi FTP Client yang handal bagi anda yang tidak memerlukan fitur advance, cukup masukkan data yang dibutuhkan klik Connect anda telah berhasil terkoneksi dengan FTP Server.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *